Rabu, 01 Januari 2014

Tips Membeli Freestandingcooker



Banyak pilihan kompor, seperti yang sebelumnya saya tulis  tentang kompor. Dalam bahasan kali ini, saya akan mengulas mengenai freestandingcooker. Bagi wanita yang aktif di dapur, sudah tak lazim dengan istilah ini, ya memasak dan baking.

Ada beberapa merk loh, mulai dari Electrolux, Modena, Domo, La Germania, Rinnai, Ariston, Technogas, dan masih banyak lagi. Saya ada beberapa tips membeli freestandingcooker, semoga bermanfaat:
1. Budget . Ini kembali daya kemampuan financial seseorang, apabila budget pas-pasan harus lebih cermat dalam memilih, untuk budget yang tidak ada batasan, sungguh sangat leluasa memilihnya. Namun, apabila anda keluarga baru/ diperuntukan rumah baru, sebaiknya pertimbangkan dengan kebutuhan electronic yang dibutuhkan lainnya. Misalnya budget tersedia 100juta untuk mengisi rumah baru dan sebelumnya belum memiliki apa-apa, silahkan pertimbangkan apa saja yang diperlukan seperti kulkas, AC, kitchenset, TV, mesin cuci, sofa, renovasi, dll.
2. Ukuran freestandingcooker. Ini sangat penting, Free standing cooker ada beberapa ukuran, ada yg panjangnya (kanan ke kiri) 60, 80, 90 bahkan 100 cm. Hal ini harus disesuaikan dengan space di dapur. Pastikan Anda tahu ukuran dapur,dan space yang memungkinkan untuk diletakan dapur dengan mempertimbangkan hal lainnya sebelum membeli. Hal ini sering terjadi pada kasus dapur mungil, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, antara lain tempat penyimpanan alat masak, tempat gas, area tempat cuci piring (sink), dan lainnya. Lain hal untuk dapur yang luas, anda bebas memilih berbagai ukuran freestandingcooker.


3. Jumlah tungku. Setelah anda mendapatkan space yang tersedia di dapur anda, pertimbangkan kebutuhan jumlah tungku. ada beberapa freestandingcooker yang memiliki 4,5 bahkan 6 tungku dengan jarak yang bervariasi. Apabila ukuran freestandingcooker kecil dan jumlah kompor banyak, umumnya jarak antar tungku rapat, sehingga kurang optimal dalam penggunaan alat masak yang besar.

4. Automatic Ignition (pembakaran otomatis). Maksud dari kalimat tersebut adalah pada saat tombol gas diputer dia langsung nyala (apabila memiliki Automatic ignition). Namun ada beberapa freestandingcooker yang tidak dilengkapi dengan Automatic Ignition. Kelengkapan Automatic ignition ini tentunya mempengaruhi harga.

5. Api bawah dan api atas. Tidak semua kompor dilengkapi api bawah dan api atas. Bahkan ada juga yang memiliki keduanya tetapi pada saat menyalakannya diharuskan bergantian. Sehingga tidak bisa nyala dalam waktu bersamaan.

6. Jumlah Rak dalam Oven. Hal ini sangat berguna saat mau baking. Biasanya rak paling atas untuk grilling, rak kedua untuk bikin kue kering, ketiga untuk kue tart. Umumnya hanya disediakan satu stainless rack, sehingga apabila memerlukan rack tambahan, anda dapat membeli ke toko peralatan masak.

7. Turnspit dan Grill. Ini adalah alat untuk memanggang ayam, sehingga masaknya bisa rata. Hal ini tentunya akan mempengaruhi harga. Semakin mahal harga freestandingcooker maka kelengkapan semakin oke.
8. Pengatur Suhu/ Thermostat. Ada berbagai variasi petunjuk pengatur suhu pada freestandingcooker, tergantung merk. Ada tertulis min dan max; ada yang menggunakan angka 1,2 bahkan ada yang menuliskan suhu 130,180,dst. pengatur suhu ini berfungsi untuk memudahkan proses baking.

9. Ketinggian kompor. Ada beberapa freestandingcooker yang ketinggian kompor bisa diatur sesuai keinginan. Hal ini tentunya dipengaruhi harga.

10. Ketersediaan Lampu pada Oven. Ini pun memperngaruhi harga juga, apabila membeli freestandingcooker yang tidak tersedia lampu dalam oven maka memerlukan cara alternative yaitu dengan menggunakan senter pribadi

11. Bahan Freestandingcooker. Ada beberapa bahan bakunya. Ada yang terbuat dari besi, stainless, dan bahan campuran. Untuk stainless lebih mudah dalam perawatan. Namun untuk semua bahan, hal yang tetap harus diperhatikan dalam merawatnya adalah setiap penggunaan harus segera dibersihkan.

12. Cara menyalakan api pada oven. Hal ini pun juga mempengaruhi harga. Ada yang langsung dengan tombol. Ada yang harus disulut dengan pemantik (tembakan gas). Sebaiknya tanyakan hal ini pada penjual secara detail, seperti lokasi tempat untuk menyulutnya dan tempat untuk melihat apinya.

13. Pengaman kebocoran pada tungku. Hal ini juga mempengaruhi harga. Tersedianya hal ini tentunya lebih mahal dibandingkan dengan yang tidak dilengkapi pengaman. Apabila tidak dilengkapi pengaman, anda harus lebih teliti bahwa tombol gas pada kompor sudah  dimatikan setelah digunakan.


1 komentar:

  1. Terima kasih atas inspirasinya! Untuk menghasilkan makanan yang sehat serta lezat, pastikan Anda menggunakan peralatan memasak dengan kualitas terbaik.

    Oxone

    BalasHapus