Jumat, 26 April 2013

Manfaat Lidah Mertua Sebagai Penghilang Bau hingga Anti Radiasi serta Obat

Sanseviera (Lidah Mertua) adalah marga tanaman hias yang memiliki 600 species, 60 diantaranya merupakan cultivar sanseviera trifasciata. Awalnya dikarenakan mirip dengan lidah buaya, sempat dikelompokkan ke marga “Aloe” oleh Carolus Linneaus. Prince of Raimond de Sansgrio de Sanseviero merupakan bangsawan italia yang namanya dijadikan marga ini, kemudian disempurkan menjadi Sanseviera oleh C.P Thunberg. Tanaman ini berasal dari Afrika, namun ada satu jenis tanaman sansevieria asli Indonesia yang di temukan di Kep. Seribu yaitu Sanseviera Javanica

Ciri-Ciri
Ciri-ciri tanaman ini adalah memiliki kandungan air sukulen (tahan kekeringan), berdaun keras, tajam, tegak dengan ujung meruncing, namun ada sebagian jenis tanaman yang daunnya membulat (roses). Jenis daun yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50-75 cm, daun meruncing seperti mata pedang. Sedangkan, jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3-6 cm. Warna daun sanseviera beragam, hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu perak dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning dengan motif salur (garis) baik searah serat maupun zigzag. Kandungan kimia pada daun dan rimpangnya yaitu saponin, kardenolin dan polifenol.

Hidup di Indoor ataupun Outdoor
Tumbuhan ini dalam kondisi kering dan sedikit cahaya masih bisa tumbuh sehingga cocok bagi pemilik memiliki kesibukan tinggi ataupun diletakan di dalam rumah. Namun dalam kondisi lembab atau basah sanseviera tumbuh subur. Adaptasi terhadap lingkungannya tinggi, bahkan di dalam ruangan pendingin, cukup menyemprotkan daunnya 3-4 kali sehari dengan spray. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya seminggu sekali keluarkan dari ruangan untuk menyegarkan kembali tanaman. Media tanamnya antara lain tanah, sekam bakar, pasir malang dan pakis. Untuk mempercantik ruangan, tanaman ini mampu menggunakan pot tanah liat, kaca, plastic maupun keramik. Sangat mudahkan.. J
Obat Herbal
Tanaman ini punya banyak manfaat antara lain pengobatan (kanker, diabetes dengan merebus daun sanseviera, wasir dan kerontokan rambut dengan merebus akar sanseviera; sakit kepala dangan menghirup daun sanseviera yang dibakar), Selain itu jus daun sanseviera ini mampu digunakan sebagai bahan creambath yang membantu mengatasi kerontokan rambut. Jenis sanseviera ehrenbergii, banyak mengandung antiseptic sehingga bisa dijadikan obat pembalut luka alami (getahnya).
Penghambat Karat
Ada sebuah penelitian tentang salah satu jenis tanaman ini, yaitu sanseviera trifasciata mampu menghambat karat alumunium yang disebabkan media bersifat alkalin dan asam.
Mampu Serap Polutan (penghilang bau kulkas, asap rokok, bau kimia mebel hingga radiasi)
Tanaman ini mampu mengurangi polusi telah dibuktikan oleh penelitian NASA bekerjasama dengan ALCA, Penelitian NASA bekerja sama dengan ALCA telah menemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu mengurangi polusi radiasi negatif. Yaitu mereka menanam ribuan tanaman ini di lokasi peluncuran pesawat antariksa mereka. Tanaman Old Century Plant ini dapat diletakan di ruang kerja, karena dapat mengurangi radiasi gelombang elektromanetik yang dipancarkan dari computer/ televisi.
Hampir sebanyak 107 Unsur yang terkandung dalam polusi udara mampu diserap oleh tumbuhan ini. Bahan aktif yang terkandung dalam tanaman ini, pregnan glikosida juga mampu mengatasi akibat Sick Building Syndrom. Sindrom ini merupakan kontaminasi yang dihasilkan VOC (Volatile Organic Compound) yaitu zat kimia organic yang tekanan uap diatas ambang batas normal. Apabila hal tersebut terjadi di dalam ruang kantor terutama dengan sirkulasi yang buruk sehingga dapat membuat mual, otot kram, sakit kepala, jantung berdebar, kulit kering dan sakit tenggorokan. Penelitian Wolverton Environmental Service menjelaskan bahwa tanaman ini mampu menyerap senyawa kimia berbahaya, seperti benzene (yaitu yang dihasilkan dari asap rokok, tinta, minyak, asap bahan bakar, plastic serta limbahnya); formaldehida (yaitu senyawa berbahaya yang di timbulkan dari kayu mebel, partikel papan, produk berbahan kertas); trichloroethylene dan produk pembersih rumah tangga. Oleh karena itu dianjurkan peletakan di ruang tamu dan dapur untuk mengurangi polutan hasil asap rokok di ruang tamu, kamar mandi maupun polutan di dapur. J Potong-potong daun Sansevieria trifasciata L. berukuran 5 cm dan letakan dikulkas maka aroma tak sedap dapat hilang.
Satu tanaman sanseviera trifasciata L. Dewasa berdaun 4-5 helai dapat menyegarkan udara dalam ruangan seluas 20 m2.

Fengshui
Menurut masyarakat Negeri Tirai Bambu, tanaman ini dipercaya membawa keberuntungan. Dewa akan memberikan delapan kebaikan bagi yang memeliharanya yaitu kemakmuran, kepintaran, kemakmuran, kesenian, panjang umur, puisi, kesehatan, dan kekuatan. Berdasarkan Fengshui, peletakan dianjurkan di bagian dalam rumah dekat pintu masuk, seperti ruang keluarga.

Tanaman dengan seribu manfaat ini, banyak dilirik sehingga ada komunitas pecinta sanseviera baik di dalam negeri maupun di dalam negeri (seperti KOMPENSASI; International Sanseviera society,, ) serta penerbit yang mengupas tentang tanaman ini yaitu sanseviera 200 Jenis spektakuler, yaitu Trubus.

3 komentar:

  1. Bagaimana cara membuat sanseviera trifasciata menjadi zat anti karat dan apa saja metode serta bahan yang dibutuhkan. Terima kasih

    BalasHapus