Sabtu, 22 Juni 2013

Tips merawat sink/ wastafel




Tahukah kamu tentang sink? yup. umumnya lubang yng berbentuk bulat/ kotak dimana memiliki jalur pembuangan dan memiliki faucet (kran). sink ini umumnya digunakan untuk mencuci piring, mencuci tangan (atau dikenal sebagai wastafel).

Sink terbuat dari berbagai macam bahan baku. ada yang terbuat dari kaca, stainlees steel, porcelain, solid surfance dan lainnya. Dalam hal ini, ada berbagai tips untuk merawatnya. 

1. Bersihkan sink dengan menyemprotkan sedikit cairan pembersih yang dicampur air hangat ke seluruh bagian sink. Ambilah sponge dan gosoklah perlahan dengan lembut.  

2. Membuat porcelain putih  atau sink porcelain kembali berkilau. Cukup dengan membasahinya dengan bleach kemudian diamkan kira kira 30 menit. Kemudian bersihkan dan bilaslah dengan air mengalir.  Untuk porcelain berwarna, janganlah menggunakan bleach. Gunakanlah deterjen yang lembut, cuka atau bakingsoda.

3. Lindungi sink dari goresan dan noda. Berikut tips pencegahannya: cukup dengan meletakan perforated plastic mate di dasar sink. Dengan demikian akan melindungi permukaan dari goresan. Ini jg melindungi piring kotor anda.
Jangan membiarkan terlalu lama cuka, salad dressing, buah dan makanan mengandung asam dalam waktu lama dalam permukan sink porcelain karne bisa menimbulkan noda dan mengikis email sinknya.
Jangan menggunakan  abu gosok untuk bersihkan sink.

4. Untuk sink yang terbuat dari bahan solid surface, cukup dengan baking soda dan air seperti pasta kemudian aplikasikan dengan lebut dan bilaslah.

5. Hilangkan noda dengan lemon dan bubuk borax (1 ½ cup bubuk borax dan ½ lemon)  campur merata  dan gosokan. Kemudian bilaslah dengan air mengalir.  Sink bahan dasar porcelain, stainless steel, etc bisa diaplikasikan dengan campuran bahan ini. J

6. Cuka pun dapat digunakan untuk menghilangkan noda putih pada sink . oleskan cuka pada sekitar noda dan tunggu 10 menit kemudian bersihakan dengan handuk. Namun sebaiknya, cuka ini tidak digunakan untuk sink berwarna dan berbahan dasar kuningan.

7. bersihkan karat dengan WD-40 (dapat dibeli di swalayan) pada nodanya dan bersihkan. Untuk karat pada sink porcelen, cukup gosokan campuran garam dan lemon pada noda

8. agar pembuangan tidak tersumbat,  cukup dengan campuran bakingsoda, garam, cream of tartar dengan perbandingan 4:4:1 . simpan campuran tersebut dalam suhu kedap udara dan jauhkan dari jangkauan anak anak. Setiap beberapa minggu sekali, taburkan campuran bahan tersebut ke dalam saluran pembuagan dengan air mendidih.  Walaupun demikian, anda juga harus menjaga agar rambut, sabun, dan sisa makanan sebaiknya dibuang pada tempatnya.


Semoga bermanfaat dan selamat Mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar