Selasa, 24 September 2013

Membersihkan layar LCD

Layar TFT atau LCD adalah salah satu komponen yang paling mahal dari televisi ataupun gadget, Bagian ini sangatlah sensitif terhadap debu, sidik jari bahkan ketika kamu batuk atau bersin tanpa menutupi mulut dan hidung. Oleh karena itu diusahakan menghindari membersihkan monitor LCD hanya dengan menggunakan sepotong kain kering/tissue kertas karena dapat dengan mudah menimbulkan goresan dari debu yang ada di layar.

Kini sudah banyak cairan pembersih layar yang dijual di pasaran. Namun berikut trik membuat cairan pembersih sendiri.
Siapkan bahan sebagai berikut : Air sulingan (air mineral), isopropyl alcohol.  Caranya mudah hanya mencampurkan 50% air sulingan dan 50% isoprofil alcohol. Diusahakan bukan menggunakan air kran yach, karena ada kandungan kimia dalam air yang mampu merusak layarmu.

Pertama tama, matikan terlebih dahulu layar LCD, dengan demikian dengan mudah dapat terlihat area yang kotor. Dan dapat focus membersihkan layar.
Kedua, cari kain yang lembut seperti kain lap untuk kacamata. Dan ingatlah untuk tidak menggunakan tissue karena tissue mudah hancur bila terkena air dan menyisakan bekas pada layar lcd kamu.
Semprotkanlah campuran bahan tersebut pada kain lembut, baru kain yang sudah disemprotkan campuran bahan tersebut. Usapkanlah pada layar LCD dengan perlahan dan gerakan memutar searah. Bayangkanlah permukaan layar LCD seperti kulit bayi yang baru lahir, perlakukanlah dengan sangat lembut dan jangan pernah memberikan tekanan walaupun sedikit. Usahakanlah untuk tidak menyemprotkan cairan tersebut secara langsung pada layar LCD. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat.

Dikutif dari berbagai sumber antara lain : 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar