Sabtu, 23 Oktober 2010

Kiat Merawat Karpet

"Karpet", siapa yang tak mengenal elemen pelengkap satu ini. Umumnya diletakan untuk menghias lantai anda dan berfungsi sebagai alas untuk bersantai. Karpet terkena noda dan berdebu. Namun tak usah khawatir, perawatan karpet itu mudah. Berikut kiat bijak yang dapat diaplikasikan pada karpet anda:
1. Bersihkan karpet dengan vacuum cleaner seminggu sekali. Khusus karpet berbahan sutra, bersihkan minimal seminggu dua kali.
2. Karpet yang berbau apek dapat diatasi dengan memercikkan sedikit baking soda ke atas karpet. Diamkan 30 menit, kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner. Bila bau apeknya sangat menyengat, atasi dengan lap bersih yang telah dibasahi campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:4.
3. Karpet akan cepat pudar warnanya jika terkena sinar matahari langsung. Oleh karena itu, usahakan posisi karpet jauh dari jendela/ pintu dan ventilasi lain yang memungkinkan sinar matahari langsung dapat menyinari karpet anda. Atau gunakan vitrage untuk menutup jendela.
4. Jangan terlalu lama menjemur karpet basah dibawah sinar matahari, jemurlah maksimal satu jam dengan posisi karpet terbalik.
5. Karpet tidak tahan kondisi basah dan lembab. Apabila basah dan lembab, kemudian tidak dijemur, maka kondisi permukaan karpet akan mengeras. Oleh karena itu, apabila anda hendak mengepel lantai, gulung dan pindahkan karpet anda. Setelah lantai kering, barulah anda bentangkan karpet anda kembali.
6. Untuk noda rokok pada karpet, solusi terbaik adalah membawa ke tempat servis dan pembersihan. Dengan demikian, bagian karpet yang rusak oleh rokok bisa diperbaiki dan dirajut kembali.
7. Untuk karpet yang sering diinjak atau dilalui orang. Cucilah pada jasa pencuci dua tahun sekali. Ubalah posisi karpet 2-3 bulan sekali agar bagian yang sering dilalui/terinjak orang banyak dapat berganti.
8. Dalam membersihkan karpet, usahakan menggunakan vacuum cleaner. Usahakan
tidak membersihkan dengan sikat. hal tersebut dikhawatirkan dapat merusak bulu-bulu karpet.
Selamat mencoba dan semoga berhasil!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar